Jumat, 28 November 2014

LELAH

1.  Cape Deh !!!
Pernahkan Anda mendengar orang berkata " cape deh", " lelah" dan kata-kata sejenisnya?. Seringkali kata-kata ini keluar dari mulut kita setelah kita mengerjakan sesutu yang tidak kunjung selesai. Kata-kata ini juga seringkali keluar dari mulut kita saat kita merasa kita menghadapi permasalahan yang tak kunjung beres. Biasanya kita mulai mencari-cari  kesalahan pada orang lain. Mungkin itu guru atau dosen yang dianggap tak berperi kemanusiaan karena memberi tugas diluar kemampuan. Atau majikan yang memberi tugas betimbun-timbun.

Yang lebih parah, umat Israel pernah berkata" cape deh, kepada Tuhan. Mereka merasa lelah sehingga meninggalkan Tuhan. Itu sebabnya muncullah ayat dalam Mikha 5:3 " UmatKu, apakah yang telah Ku lakukan kepadamu? dengan apakah engkau telah Ku lelahkan? Jawablah Aku !.

Pertanyaan ini adalah  pertanyaan yang mengungkapkan kesedihan Allah. Tapi pertanyaan ini adalah juga pertanyaan yang didalamnya mengungkapkan kasih Allah kepada umat-Nya. Dan pertanyaan ini adalah juga pertanyaan yang mengungkapkan keterlibatan Alah dalam masalah manusia.

" Dengan apakah Allah telah melelahkan kita?" adalah pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Dan Jawaban yang diminta Allah bukan keluhan, tetapi ucapan syukur.
Mengapa kita harus mengucap syukur?kita mengucap syukur karena kebaikan Tuhan atas kita umat-Nya (Mikha 6:5). 
Bukti kebaikan Tuhan
* Ia telah menyelamatkan kita
* Dst

Mengapa seringkali kita merasa Allah telah melelahkan kita?
* Karena kita lupa kebaikan Tuhan ( Mikha 6:5)
* Karena kita malas ( Mikha 6:6)
* Karena kita kurang beriman ( Mikha 6:7)
* Karena kita memiliki hati yang jahat ( Mikha 6:8)
* Karena kita tidak takut akan Tuhan ( Mikha 6:9)
* Karena kita tidak mengerti kehendak Tuhan ( Mikha 6:10-16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar